Ada lima konsep yang berkembang ,yaitu Konsep Produksi (Production Concept ), Konsep Produk (Product Concept), Konsep Penjualan ( Selling Concept ), Konsep Pemasaran ( Marketing Concept ), dan Konsep Sosial ( Sosial Concept ) .
Evolusi yg masih ada dalam perkembangan kehidupan menajemen pemasaran adalah :
1.Konsep Produksi ( Production Concept )
Konsep Produksi bertitik tolak dari anggapan bahwa konsumen ingin produk yang berharga murah dan mudah didapatkan. Produsen yang menganut konsep ini akan membuat produksi secara massal, menekankan biaya dengan efesiensi tinggi, sehingga harga pokok pabrik bisa ditekan dan harga jual lebih rendah dari pesaing.
Produsen tipe ini akan mendistribusikan hasil produksi nya keseluruh pelosok agar mudah diperoleh konsumen. Konsep ini merupakan konsep awal dari produsen untuk menguasai pasar.Konsep ini sangat berhasil jika memang belum banyak saingan dan konsumen belum memperhatihkan kualitas.
2.Konsep Produk ( Product Concept )
Pada saatbarang masih langkah di pasar, produsen memusatkan perhatian pada teknis pembuatan produk saja. Produsen belum memperhatihkan selera konsumen. Produsen hanya membuat barang dengan to please one self , hanya menuruti bagaimana selera produsen sendiri. Produsen hanya melihat ke cermin, tidak melihat jendela. Orang melihat cermin hanya memperhatihkan wajahnya saja ,yaitu ia membuat barang yang cocok dengan kemauannya. Lain hal nya jika melihat jendela,berarti melihat orang yang berada di luar/dijalan, produsen memperhatihkan orang lain.
Mengapa kaum produsen menganut product concept ini ? Karena produsen mendasarkan pemikirannya pada premis-premis berikut :
- Konsumen akan lebih memperhatihkan mutu berbagai barang sebelum mereka membeli.
- Konsumen mengetahui perbedaan mutu berbagai macam barang
- Konsumen selalu mencari barang dengan mutu baik
- Produsen harus selalu menjaga mutu untuk mempertahankan pelanggan.
Disini produsen membuat barang ,kemudian menjual barang itu dengan berbagai teknik promosi. Hal yang penting disini adalah adanya kegiatan promosi secara maksimal . Paham dari konsep ini adalah bahwa konsumen pasti akan mau membeli barang bila mereka dirangsang untuk membeli . Promosi besar-besaran adalah merupakan ciri khas selling concept.
Premis yang mendasari konsep penjualan ini adalah :
- Konsumen cenderung menolak membeli barang yang tidak penting,oleh sebab itu mereka didorong untuk membeli.
- Konsumen dapat dipengaruhi melalui stimulasi promosi
- Tugas produsen adalah mendorong penjualan.
Disini produsen tidak sekadar membuat barang dan tidak puka asal melancarkan promosi. Akan tetapi , produsen memusatkan perhatian pada selera konsumen. Produsen memperhatihkan needs dan wants dari konsumen. Dalam hal ini produsen tidak lagi melihat cermin,tetapi dia melihat jendela. Dengan begitu berarti dia memperhatihkan orang yang berada di luar sekitar nya .
Konsumen tidak hanya sekedar membeli fisik barang, tetapi mengharapkan sesuatu manfaat dari barang itu. Kemudian ini disebut dengan wants ,yaitu ada seseuatu yang lain yang diharapkan setelah membeli barang tersebut. Jika konsumen dapat dipuaskan, maka kegiatan marketing perusahaan sukses.
Premis yg mendasari konsep pemasaran ini adalah :
- Konsumen selalu memilih barang yang dapat memuaskan needs dan wants nya
- Konsumen dapat dikelompokkan berdasar need dan wants nya
- Tugas organisasi ialah meneliti dan menetapkan segmentasi dan memilih pasar serta mengembangkan program pemasaran yang efektif.
Tingkat orientasi dalam rasa tanggung jawab sosial & kemanusiaan. Banyak nya kritik & sorotan berdasarkan luar perusahaan, baik yang tiba menurut pemerintah maupun menurut masyarakat melalui lembaga konsumen. Dengan demikian perusahaan wajib memiliki rasa tanggung jawab moral untukyani masyarakat sebaik-baiknya. Tanggung jawab sosial ini pada arti luas harus membuat barang yg baik ,nir merusak kesehatan rakyat. Misal nya ,menggunakan asal daya alam secara bertanggung jawab dengan selalu menjaga kebersihan air dan kebersihan udara dari ancaman pulosi serta mengurangi kebisingan sang mesin pabrik. Semua ini dilakukan dalam rangka membangun suasana kehidupan yang baik dan tentram menggunakan penuh rasa tanggung jawab,tidak mementingkan laba perusahaan semata.
Premis yang mendasari pemikiran penghasil buat membuatkan responsibility ini adalah :
- Gejala consumerisme ( Gejala protes dari konsumen terhadap ketidakpuasan yang dilakukan oleh produsen atau penjual)
- Masyarakat selalu menuntut tanggung jawab organisasi,begitu mereka mendapat perlakuan yang kurang baik dan bila ekosistem mereka terganggu.
- Anggota masyarakat selalu menghendaki jaminan keselamatan terutama terhadap komoditas yang mereka beli.
Demikian lah beberapa konsep -konsep pemasaran yang perlu kita terapkan dalam hal pemasaran sang pelaku wirausaha maupun perusahaan.


Sebar iklan Anda ke ribuan iklan baris massal tanpa mengeluarkan biaya yang mahal. Iklan Anda akan tersebar seperti virus dan akan tampil selamanya tanpa perlu takut terhapus. Silahkan kunjungi websitenya.





